BAB II

KAJIAN PUSTAKA

 

  1. A.     Kajian Teori

Pada bagian ini, penulis bermaksud mengemukakan beberapa hal yang berhubungan dengan teori dan pengertian untuk dijadikan pedoman dalam penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini, sebagai gambaran yang tentu ada kaitannya dengan materi pembahasan. Isinya berupa teori-teori yang diambil dari berbagai sumber.

  1. Hasil atau Prestasi belajar adalah nilai yang dicapai atau diperoleh siswa satu per satu mata pelajaran
  2. Kompetensi Dalam UU No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen dijelaskan bahwa kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas profesinya.
    Kompetensi tersebut meliputi:

    1. Kompetensi pedagogik
    2. Kompetensi profesional;
    3. Kompetensi sosial;
    4. Kompetensi kepribadian;
  3. Inkuiri adalah :
  4. Model pembelajaran yang merangsang peserta didik untuk aktif dan berfikir.
  5. Seluruh aktivitas yang dilakukan siswa diarahkan untuk menemukan jawaban dari sesuatu yang dipertanyakan.
  6. Tujuan dari penggunaan model pembelajaran adalah mengembangkan kemampuan berfikir secara sistematis,logis dan kritis.
  7. Model ini berorientasi pada siswa
  1. B.     Kerangka berfikir

Program pengajaran adalah perangkat kegiatan belajar-mengajar yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang kita sebut dengan tujuan instruksional (W.Gulo,2002:1). Sehingga, dibutuhkan suatu perencanaan dalam pelaksanaan suatu program pengajaran.

Definisi dari Prof. Dr. De Queljy dan prof. Gazali MA, pembelajaran adalah menanamkan pengetahuan pada seseorang dengan cara paling singkat dan tepat. Dalam hal ini pengertian waktu yang singkat sangat penting. Guru kurang memperhatikan bahwa diantara murid ada perbedaan individual, sehingga memerlukan pelayanan yang berbeda-beda. Bila semua murid dianggap sama kemampuan dan kemajuannya, maka bahan pelajaran yang diberikanpun akan sama dengan kenyataan.

Sedangkan karakter artinya kualitas mental atau moral, kekuatan moral, nama atau reputasi (Hornby dan Panwell,1972:49). Menurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain, tabiat, watak. Berkarakter artinya mempunyai watak, mempunyai kepribadian (Kamisa,1997:281).

Dalam Dorland’s Pocket Medical Dictionary (1968:126) dinyatakan bahwa karakter adalah sifat nyata dan berbeda yang ditunjukkan oleh individu. Di dalam kamus psikologi dinyatakan bahwa karakter adalah kepribadian ditinjau dari titik tolak etis atau moral, misalnya kejujuran seseorang; biasanya mempunyai kaitan dengan sifat-sifat relative tetap (Dali Gulo,1982:29).

Dan dapat dinyatakan bahwa karakter adalah kualitas atau kekuatan mental atau moral, akhlak atau budi pekerti individu yang merupakan kepribadian khusus yang membedakan dengan individu lain (M. Furqon,2009:9).

Dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri maka pembelajaran materi mengelola administrasi kas bank adalah pembelajaran bercirikan aktif dan berfikir kritis sehingga siswa mempunyai prestasi belajar yang lebih baik.

  1. C.     Hipotesis Tindakan

Dengan diterapkan metode pembelajaran melalui model Inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Akuntansi yang ada di  kelas XI Sekolah Menengah  Kejuruan Muhammadiyah 9 Jakarta.

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

A.  Setting Penelitian

      1.  Tempat Penelitian

Penelitian Tindakan Kelas mengenai MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI MENGELOLAH DOKUMEN DANA KAS BANK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRIPADA KELAS XI AKUNTANSI MUHAMMADIYAH 9 JAKARTA dilaksanakan mulai tanggal 26 Juli 2011 sampai dengan 26 September 2011 pada Sekolah Menengah  Kejuruan Muhammadiyah 9 Jakarta yang beralamat di Jalan Panjang Cidodol, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

2.  Waktu Penelitian

Penilitian ini akan dilaksanakan pada bulan juli sampai bulan september 2011. Penentuan waktu penilitian mengacu pada kalender akademik sekolah,karena PTK memerlukan beberapa siklus yang membutuhkan proses belajar yang efektif di kelas

3.   Subjek Penelitian

Subjek PTK   adalah Siswa SMK Muhammadiyah 9 Jakarta  Tahun

Pelajaran 2011-  2012 sebanyak satu kelas

  1. B.     Prosedur Penelitian

PTK pada Siswa SMK Muhammadiyah 9 akan dilaksanakan melalui 2 siklus yaitu Siklus pertama  dan siklus kedua.

Dalam penelitian tindakan kelas ini yang diteliti adalah penerapan model pembelajaran inkuiri sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar materi mengelola dokumen dana kas bank.

Siklus dilaksanakan dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang terdiri atas empat komponen, yaitu: (1)perencanaan (planning), (2) aksi/tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Keempat komponen tersebut satu sama lain saling berhubungan yang mengambarkan sebagai satu siklus seperti gambar 1 berikut.

Desain penelitian tindakan kelas

Gambar1.  Siklus Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

  1. Siklus Pertama
    1. Peneliti melakukan analisis kurikulum untuk mengetahui kompetensi dasar yang akan disampaiakan kepada siswa
    2. Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran
    3. Membuat lembar kerja siswa

    Perencanaan

d.   Membuat instrumen yang digunakan dalam siklus PTK

e.  Menyusun alat evaluasi pembelajaran

Tindakan

  1. Melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri
  2. Membagi siswa dalam delapan kelompok.
  3. Menyajikan materi pelajaran
  4. Diberikan materi diskusi yang berisi permasalahan yang harus terpecahkan setiap kelompok.
  5. Dalam diskusi kelompok, guru mengarahkan kelompok.
  6. Mengerjakan lembar kerja siswa
  7. Salah satu dari kelompok diskusi, mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
  8. Guru memberikan kuis atau pertanyaan.
  9. Siswa diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan
  10. Penguatan dan kesimpulan secara bersama-sama.

Observasi

  1. Situasi kegiatan belajar mengajar.
  2. Keaktifan siswa.
  3. Kemampuan siswa dalam diskusi kelompok.

Refleksi

  1. Sebagian besar (80 % dari siswa) berani dan mampu menjawab pertanyaan dari guru.
  2. Sebagian besar (80 % dari siswa) berani menanggapi dan mengemukakan pendapat tentang jawaban siswa yang lain.
  3. Sebagian besar (80 % dari siswa) berani dan mampu untuk bertanya tentang materi pelajaran pada hari itu.
  4. Lebih dari 80 % anggota kelompok aktif dalam mengerjakan tugas kelompoknya.
  1. Siklus Kedua

Perencanaan

  1. Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri
  2. Mendiskusikan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan guru kolaborator
  3. Menyusun jadwal pengajaran

Tindakan

  1. Melakasanakan kegiatan pembelajaran dengan model inkuiri
  2. Mengerjakan lembar kerja siswa

Observasi

Mengamati hasil kerja siswa setelah penerapan model inkuiri

Refleksi

Melihat hasil kerja siswa yang telah mengalami peningkatan penguasaan materi.

  1. C.     Kriteria Keberhasilan Tindakan

Setelah diamati maka akan tampak peningkatan kemampuan siswa dalam menguasai materi dari siklus 1 ke siklus 2 diharapakan peningkatan dari 50% menjadi 80%

. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan mulai pemantauan keadaan awal hingga pelaksanaan tindakan pada siklus II maka dapat digambarkan seperti dibawah :

No Indikator Persentasi yang dicapai
Awal Siklus I Siklus II
1 Siswa dapat menyatakan Sifat – Sifat logaritma 50 % 70 % 80%
2 Siswa dapat menggunakan sifat – sifat logaritma untuk menyelesaikan masalah 70 % 80 %
3 Siswa dapat menyelesaikan Persamaan logaritma sederhana 80 %

D.   Jadwal Penelitian

 

 No KEGIATAN MINGGU KE……..
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 Perencanaan v
2 Proses pembelajaran  v  v  v
3 Evaluasi  v
4 Pengumpulan Data  v
5 Analisis Data  v  v
6 Penyusunan Hasil  v  v
7 Pelaporan Hasil  v  v

 

 

 

 

Daftar Pustaka

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

S SyaodihNana, 2006. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah (konsep,prinsif, dan instrumen).Bandung: Aditama.

Sudrajat Akhmad. Pendekatan Pembelajaran

S.R.Soemarso,1990,Akuntansi Suatu Pengantar 1,Yogyakarta: BPFE

Soemantri,Hendi,1999,Akuntansi,Bandung: Armico

Modul PLPG 2011

Tim Akuntansi SMK, 2004 Akuntansi 1A Untuk SMK tingkat X, Jakarta PT. Galaxy Puspa Mega