Ada dua kakek yang senantiasa berdoanya ingin sekali dipanjangkan umurnya. sesekali mereka bicara dengan orang dan terkadang meminta doanya, yakin bahwa sesorang yang berdoa pasti akan dikabulkan Allah .

dan disuatu tempat perayaan nikah mereka bercakap – cakap dengan anak sholeh yang masih muda. kakek yang satu sambil makan dan kakek yang satunya lagi serius bercakap – cakap.

” Nak kakek ini ingin sekali panjang umur ” , tanya kakek kepada anak muda tersebut

” lho kakek memang umur berapa?’, tanya anak muda tersebut

” kakek umur 60 Nak dan yang satu lagi yang sedang makan umur 70 an”, jawab kakek kepada anak muda tersebut.

lalu anak muda memperhatikan kakek yang sedang asyik makan, dan ada yang tidak beres dalam gaya makannya.

kembali memandang kakek yang berumur 60, anak muda sambil berkata:

” kek memang kakek  masih suka dengan wanita” , tanya anak muda

” wah kakek udah gak selera lagi dengan wanita “,  sahut kakek pada anak muda

” berarti kakek suka dengan harta kakek yang banyak itu” tanya anak muda kambali

” kakak juga udah gak pengen, sudah males  kakek mikirin harta” sahut kakek

” apakah kakek suka dengan jabatan  ” tanya kembali anak muda kepada kakek  itu

” aduh nak kakek udah capek sekali mikirin organisasi, kakek udah nggak mau “, jawab kakek pada anak muda

Sambil melihat kakek yang makan dan mendengar jawaban kakek yang ditanya, anak mudah akhirnya berkomentar dalam dirinya.

“kakek ini bagaimana sih? semua kesenangan dunia kakek tidak suka. kok minta panjang umur ?”

kakek yang satunya  sedang makan dan  jari – jemarinya  suka tersangkut – sangkut dibibir, dan mulutnya belepotan nasi  dipinggir – pinggir bibir. udah seperti ini Kakek ko masih  minta panjang umur.

By Me