Gambar tersebut merupakan rangkaian tingkatan disiplin Ilmu. mulai dari level terbawah sampai level tertinggi. proses yang teramat panjang dalam menjangakau kesempurnaan Ilmu. level dasar akan memakan waktu puluhan tahun ( mulai dari S1, S2, S3, dan seterusnya ) merupakan level paling bawah. semakin kita mengerti semakin begitu jauhnya perbandingan Ilmu yang kita miliki selama ini dan belum ada apa apanya.

naik keperingkat dua merupakan penguasaan segala macam disiplin Ilmu maksudnya adalah bahwa seluruh Ilmu dimilikinya guna pencapaian level tertinggi. penguasaan dari berbagai sudut disiplin ilmu yang digenggam dan untuk selanjutnya diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari.

naik peringkat ke tiga yaitu mengaplikasikan segala disiplin ilmu dalam fakta kehidupan sehari – hari. dapat memberikan sumbangsih bagi mereka yang membutuhkan, yang akan dapat dirasakan bagi yang menggunakan dan ini level yang termasuk dalam ketegori menengah. peringkat yang tidak boleh diremehkan namun jalas masih dibawah dari level Analisis.

Level Analisis merupakan level pengkajian yang telah terbukti kebenaran,  tidak perlu diragukan lagi kebenaran disiplin ilmu pada tinkat ini . valid dan reabiliti sehingga dapat sebagai acuan penyelesaian segala problematika hidup.

dan terakhir adalah Shintesis yang merupakan penganalisaan segala macam disiplin ilmu yang diperoleh dari pengkajian dalam segala sektor aktiviti. disinilah pakar – pakar ilmu muncul dan berkembang sebagai pengembang setiap organisasi yang membutuhkan. suatu tingkatan yang telah teruji kevalidannya.

terakhir Judgment….pengambilan keputusan dapat dilakukan secara benar , tepat dan cepat. setelah menguasai dan menganalisa segala disiplin ilmu maka sudah barang tentu ia akan dapat mengambil suatu keputusan yang akurat.

 

Dibalik disiplin Ilmu tersebut diatas maka kami menarik suatu kesimpulan bahwa dalam Islam pun ada tingkatan disiplin pengetahuan. perjalanan ini biasa ditempuh oleh para hakekat para orang orang tarekat atau orang – orng sufi.

peringkat tersebut adalah :

  • Syareat
  • Tarekhat
  • Hakekat
  • ma’rifat
  • Mahabbah

suatu perjalanan yang wajib khatam bagi semua umat manusia di alam ini.

( berlanjut…)