Dalam kehidupan manusia tidak luput dari salah dan dosa. janganlah ukir album kehidupan dengan kekhilapan yang berkelanjutan, kesalahan yang tiada henti.

hendaklah dalam hidup senantiasa mengambil yang baik – baik saja dan buanglah yang jelek yang tidak bermanfaat dalam siklus kehidupan. lambat atau cepat ketika kesalahan dibiarkan dan kebenaran ditutupi maka janganlah harap keberkehan menghampiri diri, hari – hari yang sial terasa dalam seluruh sudut kehidupan diri.

Anak – anakku.. Jaffar Ahmad Santoso dan Fatimah Viviani Santoso. Ayah berpesan ambillah yang baik dalam hidup kalian dan biarkan yang jelek . berpikirlah senantiasa positif jauhkan diri dari pikiran negatif. Ayah yakin kalian bisa. Jaffar, Fatimah ingatlah bahwa ” manusia Bisa karena Biasa ” dan yakinlah ” Hanya Allah Bisa Karena Kuasa ” .

Anakku Jaffar dan Fatimah ..pesan Ayah ”  jikalau kalian pergi kekebun bunga janganlah kau ambil bunganya dan jikalau kalian pergi ke kebun buah janganlah ambil buahnya.  jika kalian ambil bunganya dan kau pun ambil buahnya lambat laun bunga dan buah akan membusuk dan mengotori ruangan, ambilah sari bunganya yang harum semerbak dan ambilah sari buahnya, kelak ruang hatimu bersih dan bening,  kau menjadi lebih dewasa, tegar dan kuat dalam meniti hidup kalian.

janganlah kau kotori diri kalian dengan mengambil semua perkara hidup kedalam hatimu ambilah hikmah hidup yang terkandung didalamnya.

wassalam

Nr.iman S