ada dua siswa SD yang betengkar karena saling mempertahankan jawaban masing – masing.                                                          mereka saling memperthankan jawaban yang berbeda namun dianggap benar, bahwa 4 x 6 = 24 menurut yang kurus dan yang 4 x 6 = 18 menurut anak yang gemuk. pertengkaran yang alot yang tak berujung tamat akhirnya mereka segera mengadukan pada guru kelasnya.

” Bu guru masa kata gendut, 4 x 6 = 18  itu kan salah yah, Bu” tanya anak yang kurus.

” Bu kan saya benar bu kalau 4 x 6 = 18, saya berani taruhan deh bu. kalau saya salah penggal leher saya Bu, tetapi kalau si Kurus salah pukul dia 10 kali” tantang Gendut pada si kurus kepada Bu guru.

Bu guru karuan saja pusing. tidak lama bu guru segera mengambil penggaris dan…

emmm…lama ia berfikir apa yang hendak di lakukan oleh bu Guru

si gendut terus saja menantang bahwa ia lah yang benar bhwa 4 x 6 adalah 18.

dan si kurus di pukulnya 10 kali.

“nak kamu kesini..”,  pinta bu guru

“ko saya bu “,  saut si kurus

” 1..2..3..4..5..6..7..8..9..10, dah kamu minggir”,  pinta bu guru setelah memukul 10 kali.

” bu ko saya malah dipukul, kan ibu yang ngajari kalau 4 x 6 = 24..”,  jawab si kurus tidak terima diperlakukan tidak adil.

“hmm….

“maaf nak ibu gak bisa motong leher si gendut, ibu takut dosa dan masuk neraka..lebih baik ibu mukul kamu aja”  ucap ibu guru kepada si kurus terbingung – bingung……

” nak kamu sini!”,  ajak bu guru kepada si kurus sambil menjauh dari gendut

“kenapa kamu ngajak berhitung dengan orang yang be’ller dan dungu, nak?”,  tanya bu guru pada si kurus.

” iya ya bu guru…, saya lupa…maaf bu..nggak lagi deh bu… ” , jawab si kurus melas.

kesimpulan :

anda  bicara dan berdebat dengan orang yang tidak paham dan so ngerti alias so tahu atau ‘ asbituk ‘ asal bisa nyeletuk  saja baiknya tinggalin, karena hanya berputar – putar tak ada abisnya pembicaraan tersebut hanya bikin pikiran gak karuan, atau kalau diterusin malah ngeyel,  tetapi jika kalian bersih keras mau nerusin silakan, asal syaratnya siapkan 4 infus dan 1 unit mobil gawat darurat, OK!!  ..hmm…struk sampean.. ( kalian mau pusing, apa rawat inap..hehe..atau mau tenang and selamat)