Kegagalan adalah problem yang sangat menakutkan bagi semua orang, mulai dari anak – anak hingga dewasa. Hal ini merupakan momok bagi kehidupan diseantero jagad raya, khususnya bagi mereka yang kurang berpendidikan akan sangat terpukul dengan adanya kegagalan.
Ada yang tidak terima dengan kegagalan, lalu ia bunuh diri, mungkin baginya tidak ada pengganti yang lain. bagi umat manusia pendek akal panjang angan – angan akan berdampak buruk sekali . terlebih lagi jika mereka yang tak mampu memberikan solusi yang tepat atas problem kegagalan tersebut.

GAGAL CINTA !!

Gagal cinta itu hal biasa, kenapa?

1. yakinlah bahwa  manusia bukan bertugas menetapkan jodoh tetapi hanya mampu berusaha dan berdoa saja. Dibalik usaha manusia tentu ada keberhasilan juga ada kegagalan. pengetahuan bukan saja diperoleh dari membaca tapi juga dari pengalaman hidup. kurikulum berbasis kompetensi langsung diberikan Allah untuk dapat hidup lebih kompetensi dalam bercinta, lebih mandiri lebih teliti dan lebih selektip. akhirnya lebih kuat, lebih matang dalam mengarungi hidup. dan kedepan lebih bisa memberikan solusi hidup dari segala masalah yang dihadapi dimasa datang. Amiin

2. yakinlah bahwa cinta butuh kedewasaan bercinta, bagi mereka yang baru menyelami cinta dan salah mengolah cinta tentu akan mengalami awal kegagalan, hal ini biasa dan tidak perlu kaget dan tidak penting kecewa. ibarat belajar memasak terkadang rasa masih tidak pas lalu dicoba lagi terkadang kurang bahan dicoba lagi dengan hati – hati dan akhirnya berhasil.

3. Cinta bukan sebuah bunga yang diciumi, dibawa kemana-mana ketika masih wangi, dan setelah layu dibuangnya. ingatlah cinta akan dibawa menuju mahligai rumah tangga yang sakina . perlu mengetahui sejauh mana keimanan satu sama lainnya dari dua sejoli, perlu tahu watak masing – masing saat berhadapan langsung dengan sebuah problem. maka dengan demikian akan saling mengetahui satu sama lainnya, akhirnya kematangan cinta tumbuh mekar yang akan dibawa dalam rumah tangga dengan penyatuan dua hati yang berbeda dengan satu iman.

4. Cinta itu abstrak bukan benda mati yang bisa dipegang lalu diikat dengan rantai dan tidak bisa kabur.

cinta bukanlah sebuah kegiatan program jangka pendek ataupun jangka panjang yang sudah kita rencanakan waktu dan tempatnya, tapi semua ini merupakan skenario Allah  kepada makhluknya sesuai  skenario yang sudah tertera dalam Lauh Mahfuzh, agar hidup senantiasa berlandaskan Alqur’an dan Alhadits.

terkadang manusia lupa saat cinta sudah didapat terasa dunia milik kita, yang lain tiada walaupum ada mungkin mengontrak bahkan cinta kasih sayang tulus orang tua yang telah ia terima dijadikan fatamorgana belaka, cinta hanya untuk si dia seorang,  tak pedulikan orang yang melahirkannya, ia telah membelah kasih sayang ayah dan ibu pada seseorang kekasih hati yang belum seumur jagung dijumpainya . tahukah kamu !! bahwa cinta kasih sayang ayah – ibu kepada kamu tumbuh mulai kita lahir bahkan waktu masih di kandungan, mereka merawat. menjaga, dan mengelus dengan lembut sambil berkata ” anak ku yang mulia, lahir yaah..ayah menantimu, semoga jadi anak yang soleh solehah yaa bisa mencintai ayah mencintai ibu terutama Allah dan rasul_Nya..!”

kisah Mas Selamet dan Marpu’ah :

satu minggu pertemuan mereka sudah menghasilkan sebuah cinta. begitu senangnya mereka menjalin cinta. hari hari selalu sms an , mesrah – mesrahan, miscall-miscallan. tidur ingat mas selamet,  makan ingat mas selamet,  duduk ingat mas selamet , ketoilet pun ingat mas selamet.  dan hanya mas selamet yang terbayang selalu.mungkinkah disana mas selamet juga ingat dengan marpu’ah , belum tentu. bisa jadi ia malah sedang bersenda gurau dengan teman – temannya dibalik rasa sedih marpu’ah, mungkin juga  ia sedang menggoda wanita sexy bersama teman – temannya saat marpu’ah merenung, atau bahkan sedang berduaan dengan wanita lain. perasaan  marpu’ah kesal yang biasannya pagi ini  mas selamet telpon tapi belum telpon juga setiap detik selalu  Hp  yang dipegangnya dilihat, sudah berlalu beberapa menit belum juga sms. dan berlalu detik ke menit, menit ke jam kegelisahan pun bertambah sebab mas selamet juga mengabari  . rupanya mas selamet tidak bisa membuat selamet hati yang terluka, perasaan yang gelisah marpu’ah.

ingatlah bahwa hati itu hanyalah untuk Allah, jika ada yang lain selain Allah dihati maka tunggulah kekacauan dalam diri anda.

“Ku ciptakan engkau untuk mengenal_Ku” (maksud hadits kudsi). hati adalah tempatnya rahasia di atas rahasia.

namun hati marpu’ah hanya  untuk mas selamet, namanya S E L A M E T tapi tidak jua bisa menyelametkan .

tetapi jika Allah yang di ingat maka Allah akan mengingat kita. ingatan Allah kepada hambanya adalah keberkaahan buat kita , rahmat kasih dan sayang buat kita . sungguh bersyukur bagi mereka yang mampu mengingat / berdzikir setiap keluar masuk nafasnya.

nafas adalah kunci hubungan kita kepada Allah,  tanpa nafas hidupkah kita?

nafas merupakan lap sebuah hati manakala beralirkan dzikir, bersih, beninglah hati dijadikannya.

ingatlah kepada yang maha mencinta, karena saat kita bercinta berarti ujian tahap pertama buat kita, apakah kita mampu mengingat kepada yang maha mencinta yang telah memberi cinta kita sebagai sepasang kekasih??

bukan kepada sepasang kekasih saja ingatan utama kita namun dalam keluarga pun kita tetap Allah yang utama di ingat.

jika masih menduakan Allah di hati  dan yang ada justru selain Allah maka tunggulah datangnya kekacauan dalam hidup anda.

kalau kita buka kamus bahasa Arab, ingat artiya dzikir. berarti Marpu’ah selalu berdzikirkan mas selamet , dan kemana Allah ?!!. bukankah dzikir selain Allah adalah musyrik. berarti telah membuat tandingan Allah dan menyekutukan Allah.  marpu’ah lupa bahwa Allahlah yang telah menumbuh kembangkan jalinan cinta kasih sayang mereka berdua. ” ya Wadud” nama sebuah asmaul husna yang berarti Maha Mencinta

mereka lupa asal mula cinta yang diperolehnya itu . mereka dapat bercinta karena dapat benih cinta dari sang Kholik, Allah memiliki sifat  yaitu ” ya wadhud”  maha mencinta, setitik pancaran cinta yang disemaikan sehingga cinta mereka tumbuh dan berkembang. Setelah mereka dapat cinta mereka lupa dengan yang Maha Mencinta. inikah balasan rasa syukur kita kepada_Nya!!.

DAN SOLUSINYA ?

Mari sama – sama kita renungkan siapapun dan dimanapun kita utamakanlah Allah Di atas segala – galanya. kita yakin bisa, iringi dengan doa, yakinlah manusia bisa karena biasa. sementara Allah bisa karena Kuasa.

Bagaimana untuk manusia yang secara manusiawi kita terkadang ingat seseorang dan itu biasa ada dalam diri manusia?

Ingat kepada yang dikasihi dan disayangi itu biasa dalam hidup manusia, tetapi kita ingin yang luar biasa, bukan?

mengapa kita menginginkan yang biasa kalau yang luar biasa aja gratis dilakukan dan tentu pada yang luar biasa ada plus plusnya.

yang pertama dan utama saat kita ingat seseorang yang kita sayangi, yang kita kasihi dan yang kita cintai tentu kita perlu bertanya, mengapa anda ingat itu semua ?

1. Sekedar mengenang

2. Karena rindu dan dia menyenangkan

3. suka – suka aja dari pada nggak

jika memang sekedar mengenang tentu akan berakhir rindu dan bermuara pada sebuah pertemuan. Berawal dari sebuah bayangan  diluar pikiran, lantas diucapkan bicara sendiri,  senyum sendiri dan akhrnya coba untuk mempraktikkan yaiu janjian untuk bertemu.

demikian dengan rindu pasti ujung – ujungnya ingin bertemu.

Jika memang suka – suka saja dari pada nggak. membuang – buang waktu , lebih baik cari kesibukan . iseng diri lebih baik isi dengan yang bermanfaat karena segala sesuatu yang serius berawal dari coba – coba atau iseng – iseng.

saya pernah ingat pernah kangen tapi saya berfikir kenapa yah semakin dipikir semakin ada rasa hati ingin berjumpa.  sementara aku tahu dari temen bahwa ia yang di ingat rupanya tidak ingat dengan aku . aku jadi malu untung saja aku tidak buat janji untuk  ketemuan, …saya pikir dia masih inget dengan kita.

sering saya seperti itu dahulu ketika saya rindu dia malah sedang bermain – main, saya pikir juga rindu.

apalagi saat saya puber, wah saya terkadang kangen mikirin kasih pujaan. saya kangen, saya rindu dan saya suka buktiin benar gak yah bahwa dia lagi sama seperti aku ingin bertemu. ternyata ko beda malah dia lagi sibuk belajar dan malah bersenda gurau dengan keluarga dan saudara – saudaranya. Padahal kalau saja sama,  saya sudah buat pertemuan hari itu juga.

akhirnya saya putuskan setiap aku ingat sesorang aku titipkan pada Allah agar dijaganya ia dari hal – hal yang tidak mengacaukan hubungan kita berdua. saat aku ingat aku kirim ia Alfatheha berdoa semoga cintanya dilindungi dan di jaga dan setelah itu aku lupakan dia yang kuingat hanya Allah aku berusaha untuk bertahan ingat kepada Allah dan melupakan . karena aku yakin ketika aku ingat Allah tentu Allah akan ingat aku sebagai hamba_Nya. nah ingatan Allah kepada makhluknya bukan ingat belaka seperti layaknya manusia, saat Allah ingat juga denganku selaku hambanya berarti suatu rahmat dan keberkahan tentu Allah akan membantunya yang terbaik buat kita.  ingat Firman Allah pasti berlaku dan Allah tidak Bohong.

sesuai firmannya surat Al-Imran ayat 173 ” HasbunAllah wa Ni’mal Wakil ” ..Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”

Alhasil…Alhamdulillah dia ingat pada ku dan ia suka  telpon ke aku. seneng juga dan ini semua selalu membuahkan hasil yang mengagumkan . namun jika aku melakukan ini tapi gagal maka biasanya ada sebuah pelajaran yang aku terima dari Allah . mungkin ini lebih baik dan Allah benar menggantikan dengan sesuatu yang mulia. sesungguhnya aku tidak tahu rahasia sekenario Allah ketika aku gagal .

hanya dengan sabar dan berdoa tidak lama Allah turunkan pengganti kegagalanku.

aku ingat dari seorang Habib ” jika sabar akan dapat pahala tetapi jika senyum akan dapat cinta_NYa ”

memang awalnya agak sulit saya yakin kita manusia bisa karena biasa.

Kesimpulan :

bila kita ingat sesorang titipkan ingatan kita pada yang maha Tahu segalanya. Dialah yang akan membantu yang akan menolong. dengan ingat kepada Allah dengan berdzikir kepada Allah, Allah akan senang sekali pada kita selaku hamba, dan Allah akan ingat pula pada kita degan membantu apa yang menjadi hajat seseorang hamba, pertolongan Allah bukan basa basi tapi fakta. Allah tidak pilih kasih yang harus tanya tanya dulu baru diberikan pertolongan.

ketika kita ingat kepada Allah lalu kita kirim doa dan Alfatiha maka Allah akan menggerakan lewat hatinya si pulan yang dituju . mungkin membantu si pulang dengan menjadikan hatinya menjadi lebih tenang, tidak neko – neko kelakuannya, dijaga cintanya buat sipendoa tadi sebagai kekasihnya. dan sebagainya. Sungguh Allah maha Mutakalimun maha berkata – kata lewat hati manusia, sehingga digerakkanlah hati menjadi lebih baik.

tetapi jika kalian tidak titipkan pada Allah apakah ingatan itu akan memberikan solusi, dan akan selesai ?!.

more…..berlanjut