“ Pengembangan Bisnis Jasa Pendaftaran Calon Mahasiswa ke Perguruan Tinggi”

  1. PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang

Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan Sumber Daya Manusia ( SDM ) , kecenderungan untuk mengembangkan bisnis sangat tinggi.

Bisnis ini muncul dikarenakan banyak masyarakat mengiginkan suatu pelayanan yang terpadu dan bisa meringkan beban calon mahasiswa untuk berkonsentrasi penuh pada sasaran dan tujuan mencari perguruan tinggi. Mengingat lokasi perguruan tinggi sangat bervariasi, penulis ingin membantu orang tua calon mahasiswa mempermudah dalam mencari perguruan tinggi yang ada di luar Jakarta seperti : Bogor yaitu IPB, Bandung yaitu UPI, UNPAD dan ITB dan Yogyakarta yaitu UNY dan UGM.

Bisnis jasa ini hanya membatasi tiga kota saja, mengingat daya minat calon mahasiswa yang mencari perguruan tinggi belum begitu banyak dan baru di launchingkan , karena persaingan belum ada maka bisa menjajikan bisa tidak.

Bisnis ini akan berkembang lagi apabila tiga kota tujuan tercapai dengan maksimal dan minat untuk memakai jasa yang penulis berikan. Mudah – mudahan bisnis jasa ini sangat diminati orang tua calon mahasiswa dalam mencari perguruan tinggi yang ada di kota lain.

  1. Lokasi Usaha

Sebelum suatu usaha memulai operasi maka terlebih dahulu perlu ditentukan lokasi pemasarannya. Lokasi (place) merupakan faktor penting dalam menunjang kesuksesan usaha. Lokasi pemasaran di Jl.Ciledug Raya Tangerang merupakan jalur keramaian yang sangat strategis.

  1. Visi dan Misi Usaha

Visi dari program ini adalah :

“ Mengedepankan pelayanan dan kenyamanan “

Misi dari program ini adalah :

“ Mewujudkan mitra kerja sama yang menyenangkan dan kepercayaan yang tinggi “

  1. Struktur Organisasi
          CEO
MARKETING. M FINANSIAL. M

Job Deskription :

  1. CEO (Chief Executive Officer )

Bertanggung jawab penuh atas jalannya usaha

  1. Marketing Manager

Bertanggung jawab dalam aktivitas promosi dan pemasaran

  1. Financial Manager

Bertanggung jawab pengelolaan keuangan

  1. ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

Seiring dengan berubahnya peradaban manusia, budaya manusia pun juga mengalami perubahan. Salah satunya adalah dalam hal berbisnis. Para wirausaha menganut sebuah konsep bisnis yang dikenal dengan sebutan Selling Concept, yaitu menjual apa yang bisa mereka buat. Artinya mereka hanya menjual produk dan atau jasa, namun konsep tersebut banyak yang tidak memakai lagi dikarenakan persaingan bisnis yang luar biasa. Maka wirausaha harus bisa membuat apa yang harus dijual, konsep tersebut dikenal dengan sebutan Integrated Marketing Concept .Artinya para wirausaha berusaha untuk memenuhi kebutuhan seluruh konsumenya. Kreativitas dan Inovasi pun senantiasa harus terjaga.

Aspek pasar tersebut meliputi :

a. Market potensial             : Calon mahasiswa di wilayah  Jakarta , Tangerang  Bekasi dan diluar wilayah tersebut.

b. Market share                  : Travel dan hotel – hotel yang berada di Kota  Bogor, Bandung dan Yogyakarta

c. Strategi Pasar yang digunakan adalah :

Memperkenalkan diri bisnis jasa ini kepada market potensial yaitu orang tua calon mahasiswa dan bisnis ini mempunyai target khusus membantu untuk mengikuti tes di perguruan tinggi negeri yang berada di wilayah Bogor, Bandung dan Yogyakarta

Untuk lebih dikenal pada masyarakat maka perlu strategi pemasaran yaitu melalui internet , menyebar brosur-brosur dan memasukan iklan pada media-media tertentu yang sudah banyak dikenal masyarakat.

  1. ASPEK PENGEMBANGAN

Bisnis jasa ini akan berkembang apabila orang tua calon mahasiswa memperikan umpan balik yang positip pada orang lain.

Karena bisnis jasa ini berjalan hanya setahun sekali pada saat penerimaan mahasiswa baru, maka perlu adanya aspek pengembangan yang optimal antara lain :

  1. Mencari partner travel yang baik dan service memuaskan
  2. Mencari tempat penginapan ( hotel ) yang memuaskan dan nyaman
  3. Memberikan pelayanan yang optimal dan profesional

Bisnis ini akan berkembang ke seluruh Indonesia, bila sukses di tiga kota tersebut.

Peningkatan promosi dan pemasaran harus digenjarkan untuk mencapai target setiap tahun sekali.

  1. ASPEK KEUANGAN
  1. A.     Proyeksi Penerimaan

Yogyakara

10 orang x @ Rp.1.000.000;~                      = Rp. 10.000.000,00

Bandung

10 orang x @ Rp.800.000;~                         = Rp.   8.000.000,00

Bogor

10 orang x @ Rp.600.000;~                         = Rp.   6.000.000,00

Total Penerimaan                                           = Rp. 24.000.000,00

  1. B.     Proyeksi Pengeluaran

Travel

Yogyakarta

3 hari x @ Rp. 1.700.000;~                          = Rp.     5.100.000,00

Bandung

3 hari x @ Rp. 1.200.000;~                          = Rp.     3.600.000,00

Bogor

3 hari x @ Rp. 600.000;~                             = Rp.     1.800.000,00

Hotel

Yogyakarta

3 hari x @ Rp. 160.000;~                             = Rp.     480.000,00

Bandung

3 hari x @ Rp. 140.000;~                             = Rp.     420.000,00

Bogor

3 hari x @ Rp. 140.000;~                             = Rp.     420.000,00

Total Pengeluaran                                            = Rp.  11.820.000,00

  1. C.     Perhitungan depresiasi

Pengeluaran Non Operasional ( PNO )

a. Kerta A-4                                                     = Rp.        60.000,00

b. Ballpoint                                                      = Rp.          7.500,00

c. Tinta Printer Isi Ulang                           = Rp.        80.000,00

d. Biaya Promosi                                           = Rp. 10.000.000.,00

e. Sewa tempat per tahun                          = Rp.   7.200.000,00

f. Membayar OB per tahun                        = Rp.   4.800.000,00

Total Pengeluaran Non Operasional     = Rp. 22.147.500,00

Harga perolehan           = Rp.25.000.000,00 – Rp. 22.147.500,00

= Rp.2.852.000,00

r = 10 %

Umur Ekonomi diperkirakan     = 5 tahun

Depresiasi tahun 1        = 5/10 x Rp. 2.852.000,00       = Rp. 1.426.250,00

Depresiasi tahun 2        = 4/10 x Rp. 2.852.000,00       = Rp. 1.141.000,00

Depresiasi tahun 3        = 3/10 x Rp. 2.852.000,00       = Rp.    855.750,00

Depresiasi tahun 4        = 2/10 x Rp. 2.852.000,00       = Rp.    570.500,00

Depresiasi tahun 5        = 1/10 x Rp. 2.852.000,00       = Rp.    285.250,00

  1. D.    Estimasi Laba / Rugi

Penerimaan per tahun          = Rp. 24.000.000,00

Pengeluaran per tahun         = Rp. 11.820.000,00

EAT                             = Rp. 12.180.000,00

Dari perhitungan estimasi tersebut dapat diketahui bahwa usaha ini akan menghasilkan laba sebesar : Rp. 12.180.000,00 dalam satu tahun.

  1. E.     Cash Inflow ( CI )

CI tahun 1                 = EAT + depresiasi tahun 1

CI tahun 2                 = EAT + depresiasi tahun 2

CI tahun 3                 = EAT + depresiasi tahun 3

CI tahun 4                 = EAT + depresiasi tahun 4

CI tahun 5                 = EAT + depresiasi tahun 5

Tahun

Cash Inflow

Discount Factor

PVCI

1

Rp. 13.606.250 0,909090909 Rp. 12.369.318,18

2

Rp. 13.321.000 0,826446281 Rp. 11.009.090,91

3

Rp. 13.035.750 0,751314800 Rp.   9.793.951,16

4

Rp. 12.750.500 0,683013455 Rp.   8.708.763,06

5

Rp. 12.465.250 0,620925178 Rp.   7.739.987,58

Total PVCI

Rp. 49.621.110,89

Keterangan :

r = 10 %

Discount Factor         =

PVCI                        = CI x Discount Factor

  1. F.      Pay Back Period

 

Int. Inv.        = Rp. 25.000.000,00

Pay back period = 1 +

= 1 +

= 1 + 0,855

= 1,855

Berdasarkan hitungan tersebut dapat diketahui bahwa modal usaha ini akan kembali dalam waktu 1 tahun 10 bulan.

By Me