LOGO

LAPORAN

PRAKTEK KERJA INDUSTRI ( PRAKERIN )

TAHUN DIKLAT 2009/2010

 

 PT. MULTI LATERAL TEKINDO

Jl. Garuda Raya Kav. A98A, Komp. Pajak Jurang Mangu Timur Pondok Aren Tangerang Banten 15222.

Telp. (021) 73448970 Fax. (021) 73448970 E-mail: mltekindo@centrin.net.id

OLEH :

        

NAMA                      : 1…

2…

3…

4…

5…

KELAS                  :      XI Akuntansi 2

 

SMK XYZ

Jl. H.O.S Cokroaminoto No.1, Sudimara Jaya, Ciledug

Telp. (021) ………. Fax. (021) ………..

Tangerang – Banten

 2014

________________________________________________________________________________________

LEMBAR PENGESAHAN

Telah disahkan laporan dengan judul :

PENGELOLAAN DOKUMEN DIKANTOR DEPARTEMEN

PERHUBUNGAN DITJEN PERHUBUNGAN LAUT

Jl. Medan Merdeka Barat No. 8JakartaPusat

Pada hari / Tanggal :     Senin,…Juni 2014

Oleh     :

    Pembimbing DU/DI                                                              Guru Pembimbing

      PT. Multi Lateral Tekindo                                                                    SMK XYZ

 

         ( Nurwati, SE. )                                                             ( Mangkunegoro, SE.)

 

Mengetahui Kepala Sekolah

 

 

 

Dra. Hj. Yoyo Sosiawati, M.Pd

 

 

 

 

 

 

i

__________________________________________________________________________________

KATA PENGANTAR

 

            Alhamdulillah, segala puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmatnya kepada kami dalam menyelesaikan laporan ini, dimana laporan ini di ajukan untuk memenuhi syarat agar dapat mengikuti UAS/UAN tahun pelajaran 2009/2010.

        Adapun penyusunan laporan ini berdasarkan apa yang telah kami lakukan di PT. MULTI LATERAL TEKINDO, yang terletak di Jl. Garuda Raya Kav. A98A, Komp. Pajak Jurang Mangu Timur Pondok Aren Tangerang Banten 15222. Laporan ini dibuat sebagai hasil Praktek Sistem Ganda.

        Dalam penyusunan laporan ini kami selaku penulis, mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam penulisan maupun isi dari laporan ini. Mengingat kekurang sempurnaan kami sebagai pelajar dalam tahap proses pembelajaran tingkat menengah dan pengalaman-pengalaman lain yang belum kami ketahui. Meskipun demikian, kami tetap berusaha sesuai kemampuan yang kami miliki agar terselesaikannya laporan ini.

            Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih terhadap pihak-pihak yang telah membantu kami untuk menyelesaikan laporan ini. Diantaranya kepada:

  1. Bpk. Drs. H. Darwo Sudewo, MM. selaku Kepala Sekolah SMK XYZ.
  2. Bpk. Nachrowi Iman Santoso, MM. selaku Ka. Program Keahlian Akuntansi dan selaku pembimbing kami di sekolah.
  3. Ibu Nurwati, SE. dan Ibu Ria Esnita, SE. selaku wali pembimbing kami di kantor.
  4. Bapak dan Ibu Guru yang turut memberikan dukungan moril.
  5. Seluruh Staff dan karyawan kantor PT. Multi Lateral Tekindo dan CV. Mulia Lestari.
  6. Paraorang tua kami yang telah memberikan do’a restu serta dukungan moril maupun materil sehingga kami dapat melaksanakan prakerin.
  7. Pada semua teman-teman kami khususnya kelas 2 Akuntansi 2 yang telah memberikan dukungan sehingga terselesaikannya laporan ini.

    Demikian, kami berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat khususnya bagi kami dan umumnya bagi teman-teman sekolah kami yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Akhir kata kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 04 Maret 2014

Penulis

iii

________________________________________________________________________________

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL………………………………………………………. i
LEMBAR PENGESAHAN………………………………………….…… ii
KATA PENGANTAR…………………….……………………..……..… iii
BAB I : Pendahuluan
Latar Belakang…………………………………………………..….……..1
Dasar Penulisan …………………………………………….……….……2
Maksud dan Tujuan …………………………………….….……………3

BAB II : Gambaran Umum Perusahaan/ Instansi
Tinjauan perusahaan…………………………………………………….4
Sejarah Perusahaan ………………………………………………………5
Misi dan Visi Perusahaan………………………………………..……..9
Struktur Organisasi ..……………………………………………………10

7. BAB III : Laporan Kegiatan
Pelaksanaan Kegiatan………………………………………..……….…11
Hasil Kegiatan……………………………..……………….……………..12

8. BAB IV : Penutup
Kesimpulan dan Saran………………………………….……..………13

Lampiran :

  1. Daftar Hadir
  2. Jurnal Kegiatan Selama Prakerin
  3. Foto Copy Sertifikat Prakerin
  4. Data Pribadi Siswa

iv

___________________________________________________________________________________

BAB I

 

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

 

         Dalam kegiatan yang kami lakukan pada bulan Februari 2010 kami memperoleh pengetahuan tentang dunia Kegiatan Usaha Jasa Pelaksanaan Konstruksi (KONTRAKTOR) di seluruh wilayah Republik Indonesia. Meskipun tidak banyak yang kami bahas, karena keterbatasan data dan kemampuan kami. Tetap kami berusaha menekan pembahasan tinjauan yang dilakukan pada PT MULTI LATERAL TEKINDO.

  1. Maksud dan Tujuan

PENGERTIAN PRAKERIN

         Prakerin adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian professional yang memadukan secara sistematika dan sikron program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja, terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian professional. Prakerin merupakan program wajib bagi siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan.

TUJUAN PRAKERIN

Penyelenggaraan Prakerin bertujuan untuk:

1.   Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.

2.   Memperkokoh Link and Match antara sekolah dengan dunia kerja.

3.   Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas professional.

4.   Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja.

5.   Mempraktekkan teori yang diperoleh di sekolah dengan situasi dan kondisi dunia kerja yang sebenarnya.


BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN/ INSTANSI

A. TINJAUAN PERUSAHAAN

           Columbia secara resmi berdiri pada tanggal 28 februari 1982 didirikan oleh sebuah keluarga yang sudah menekuni dunia bisnis sejak satu abad yang lalu, dan sudah memiliki pengalaman panjang dalam bisnis elektronik. Sejak tahun 1950 keluarga ini telah menjadi importer produk Philips dengan nama “Rasie Elektronik” di medan dan “Palapa Elektronik” di Jakarta sebagai distributor untuk seluruh Indonesia.

        Sejak produk Jepang memasuki pasar Indonesia pada tahun 70-an keluarga pediri ini segera meraih peluang untuk menjadi penyalur produk-produk Jepang yang terkemuka seperti Sanyo, Hitachi, Toshiba, National, Mitsubishi dan Pioneer.

          Para pendiri melihat bahwa di masa depan permintaan masyarakat akan barang-barang elektronik akan terus meningkat, tetapi di sisi lain daya beli masyarakat masih rendah. Dengan kenyataan ini justru di lihat sebagai potensi pasar terbesar yang harus segera di garap dan di olah. Beranjak dari latar belakang pemikiran inilah akhirnya Palapa Electronic merubah strategi pemasarannya dengan melancarkan penjualan dengan system CASH & CREDIT unutuk meraih pangsa pasar golongan menengah kebawah dengan nama PT. COLUMBIA DHARMA PERTIWI (kemudian berganti nama menjadi PT. COLUMBINDO PERDANA).

B. SEJARAH PERUSAHAAN

            Pada tahun pertama beroperasi, Columbia melaksanakan aktivitasnya dari sebuah gedung kecil diatas tanah seluas 75 m2 yang beralamat di Jl. Hayam Wuruk 111. Dari gedung bersejarah inilah para pendiri menyusun dan merancang strategi-strategi pengembangan jangka pendek sampai dengan jangka panjang. Pada gebrakan tahun pertama ini tanggapan dari masyarakat begitu luar biasa. Namun pada tahun pertama, kegiatan perusahaan membutuhkan pengorbanan penuh, tidak saja dalam bentuk materi tetapi juga tenaga, pikiran dan waktu untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen.
Melimpahnya order permohonan kredit mendorong perusahaan untuk lebih meningkatkan mutu kerja. Sedikit demi sedikit manajemen, administrasi dan strategi perusahaan mulai dibenahi, terutama dibidang pemasaran. Tenaga-tenaga operasional dididik dan dilatih baik keterampilan, pengetahuan maupun moral / mental.
Keahlian kerja ditingkatan menuju efektivitas dan efisien. Upaya ini tidak sia-sia terbukti dari adanya peningkatan omzet dari waktu ke waktu.

              Tahun 1983 Columbiamulai ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pekan Raya Jakarta (PRJ) dan tercatat sebagai pelopor perusahaan kredit yang ikut serta dalam kegiatan pameran tersebut. Orderan kian membengkak, bahkan kosumen rela untuk antri dalam pengajuan kredit maupun pembayaran angsuran. Selain itu pada tanggal 13 September 2006 kemarin “Beat Compotition, Lead The Market” yang menampilkan prestasi dari para pemenang Marketing Award (MA) 2006 dan PT. Columbindo Perdana menyandang gelar “Special Award”.

            Menyadari bidang bisnis ini sebagai lahan baru yang demikian cerah, maka bermunculan pula perusahaan sejenis sebagai competitor Columbia. Hal ini sepenuhnya disadari Columbia untuk berjuang dan mempertahankan aksistensinya dengan pengembangan nilai-nilai bisnis baik budaya korporat yang baik maupun system pelayanan yang memuaskan. Selanjutnya Columbia melebarkan sayap pelayanannya diluar kota Jakarta. Pada bulan Oktober 1983, diresmikan cabang pertama yang berlokasi di Jl. Nur Said, Bandung. Gebrakan pertama ini ternyata membawa peningkatan. Peningkatan dan pengembangan terus dilakukan hingga pada akhir tahun 1987 tercatat Columbia telah memiliki 2 (dua) cabang di DKI Jakarta dan 8 (delapan) cabang diluar Jakarta. Seperti layaknya orang tua, kantor pusat tak henti-hentinya memperhatikan dan mengajari cara berjalan yang benar. Hal ini dimaksudkan agar jangan menyimpang dari visi dan misi perusahaan. Meski seluruh cabang diberikan porsi yang sama tidak semua cabang tumbuh sama suburnya. Hingga saat ini Columbia telah tersebar di 210 kota pada 22 propinsi di Indonesia.
Berbagai program-program pendidikan dan pengembangan karier setiap karyawan secara terus menerus dilakukan. Pertemuan bulanan misalnya, perusahaan mewajibkan kepada seluruh karyawan mulai dari Office Boy sampai Direksi untuk menghadiri program ini. Tidak hanya sebatas pertemuan bulanan, setiap bagian dianjurkan jadwal pendidikan sendiri, khuhus untuk unit departemennya masing-masing yang dikoordinasi dengan Divisi pelatihan, sehingga dengan demikian seluruh karyawan dalam bagiannya dapat menambah bekal pengetahuannya sekaligus lebih menjiwai posisi jabatannya.

          Semakin tinggi persaingan pasar mendorong perusahaan untuk kian mawas diri. Kesadaran untuk mengingkatkan mutu dan ifisiensi kerja berkembang. Tahun-tahun pertama perusahaan terpaksa mempraktekkan system management By authority di mana jalur keputusan seluruhnya di ambil dan di awasi langsung oleh Top Managemant. Hal ini di kaitkan dengan karyawan yang tidak sepenuhnya berpengalaman.
Kebijakan-kebijakan Direksi di Bidang Personalia tidak memberikan batasan prioritas bagi karyawan tertentu. Semua penilaian berdasarkan obyektivitas perusahaan tanpa melihat apakah karyawan dekat dengan Direksi ataupun karyawan lama. Sama sekali tak berlaku prinsip anak emas untuk mencegah timbulnya suasana kerja yang tidak sehat. Kepercayaan yang diberikan secara obyektif kepada karyawan diperkuat dengan adanya pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk program pendidikan dan perusahaan.
Program pendidikan ini berpengaruh terhadap perkembangan karier setiap karyawan yang ingin meraih jenjang karier yang lebih tinggi. Pertemuan bulanan misalnya, yang melaksanakan dari, oleh dan untuk karyawan. Tidak satu dua kali pula didatangkan penceramah / yang akan memberikan motivasi dari luar untuk membawakan materi yang jauh lebih tinggi mutu dan ruang lingkupnya. Kualitas karyawan yang terus ditambah dan ditingkatkan menjadi pondasi bagi masa depan perusahaan.
Untuk menunjang pentingnya peranan membaca, Direksi tidak segan-segan memberikan contoh membaca yang patut di acungi jempol. Meski kendala waktu merupakan problema bagi seorang Direksi yang sibuk, namun Leo Chandra tak pernah lupa menyisihkan waktu untuk membaca bahkan dilakoni sampai pukul 02.00 pagi. Tidak hanya di rumah, di mobilpun tersedia lampu baca. Dengan demikian di harapkan dapat memacu gairah membaca karyawan. Karena lewat bacaanlah kita dapat menggali pengetahuan lebih. Fasilitas yang di sediakan perusahaan berupa perpustakaan lengkap dengan buku-bukunya. Faktor kesejahteraan sosial bersama dalam kebijaksanaan-kebijaksanaan yang di rumuskan setiap tahun oleh pimpinan berdasarkan prestasi dan masa kerja.
Penelitian para pengamat ekonomi melihat prospek yang kuat dalam kredit konsumen, meskipun situasi perekonomian sedang krisis. Dapat di pastikan, bisnis perkreditan akan merupakan lahan yang memberikan prospek semakin cerah di Indonesia di masa yang akan datang.
Beberapa perkembangan tampaknya mendorong pula ke arah itu. Hasil industri di Indonesia jumlahnya kian melimpah menjelang perbaikan ekonomi Indonesia, sementara jika kita menengok daya beli masyarakat kian melemah. Dan salah satu jalan keluar terbaik dengan menyalurkannya dengan bentuk kredit. Sedang hampir setiap hari masyarakat diserbu penawaran barang-barang cicilan mulai dari alat kebutuhan rumah tangga, kantor, computer sampai dengan mobil. Baik lewat iklan atau Sales exe door to door.

C. VISI DAN MISI PERUSAHAAN

           PT. Columbindo Perdana di bangun dengan tujuan menjadi perusahaan RETAEL (Cash & Credit) nomor satu di Indonesia dalam hal mutu dan kemampuan memperoleh laba maupun pertumbuhan Industri yang terarah.
Sasaran dasar yang paling di utamakan oleh PT. Columbindo Perdana yaitu menjamin mutu atau kualitas agar terdapat kepuasan pada Pelanggan atau Konsumen, Supplear, Kreditor, Pemegang Saham, Top Management dan karyawan karena dengan begitu perusahaan ini akan menjadi perusahaan yang paling baik.

D. STRUKTUR ORGANISASI

        Adapun struktur organisasi PT. Columbindo Perdana Cabang Tangerang dapat di lihat pada gambar di bawah ini :

_________________________________________________________________________________

BAB III
LAPORAN KEGIATAN

A. PELAKSANAAN KEGIATAN

( DI ISI DARI JURNAL KEGIATAN / MASUKKAN DATA JURNAL KEGIATAN )
Kegiatan yang saya lakukan selama 2 (dua) bulan di instansi atau di PT. Columbindo Perdana Cabang Ciledug saya membantu di bagian ADM A/R mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB, antara lain :

  1. Persiapan dan merekap kwitansi Outdoor yang akan di bawa oleh Collector melalui DPK (Tambahan).
  2. Menyusun kwitansi yang janji bayar untuk di susun di file.
  3. Mecocokan kwitansi yang di kembalikan oleh Collector dengan DPK.
  4. Menyusun kartu A/R yang di bawa Collector hari ini sesuai DPK.
  5. Membuat Collection Report Outdoor sesuai dengan data yang bayar di DPK.
  6. Collection Outdoor di setorkan ke kasir untuk di cocokan dengan uangnya.
  7. Membuat laporan ADM harian.
  8. Mencari kartu A/R yang bayar Indoor sesuai wilayah masing-masing Collector dan tidak boleh Pending (Tunda), apabila ada salah sumber, di catat di buku Pending.
  9. Posting kartu A/R yang sudah ada nomor KM (Kas Masuk).
  10. Konfirmasi pertelpon atau surat konsumen yang menunggak.
  11. Posting Indoor dan Outdoor ke DPP.
  12. Membuat kwitansi Outdoor yang sudah jatuh tempo.
  13. Membuat kwitansi Indoor yang terlambat.
  14. Merekap DPK untuk besok hari.
  15. Menerima Kwitansi Outdoor yang kembali dari Collector.

B. HASIL KEGIATAN
Setelah 2 (dua) bulan saya mengikuti dan menyelesaikan Kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di PT. COLUMBINDO PERDANA saya mendapat banyak ilmu baru dan kebetulan saya di tempatkan di bagian yang sesuai dengan keahlian saya yaitu di bagian Keuangan dan bertambah pula pengalaman saya di bidang Keuangan.
Dan setelah itu saya dapat lebih memahami tentang keuangan khususnya penjualan kas dan kredit.

__________________________________________________________________________________

BAB IV  PENUTUP

A.    KESIMPULAN DAN SARAN
Dengan bertambahnya pengalaman dan ilmu saya selama mengikuti kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di PT. COLUMBINDO PERDANA

 

B.        PENUTUP
Alhamdulillah saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT karena Laporan Hasil Kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini telah selesai, karena nanti saat kelas 3 (tiga) saya tak perlu memikirkan laporan ini dan dapat fokus pada pelajaran dan praktek-praktek khusus kelas tiga, dan mudah-mudahan setelah laporan ini di perbaiki terus-menerus dapat di sahkan tanpa ada lagi kesalahan yang fatal.
Saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih kepada orang-orang yang turut membantu saya dalam menyelesaikan tugas laporan ini.
Karena saya masih dalam proses belajar saya mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan yang saya buat di dalam ataupun diluar laporan ini, bila ada saran atau kritik untuk kemajuan saya Insya Allah akan saya terima dengan lapang dada.

About these ads