Dr. Peter J, D’Adamo adalah seorang pakar naturopati terpandang dan peneliti bertaraf internasional bicara tentang ‘Diet Tanpa Rasa Lapar’ dalam bukunya diet sehat golongan darah “A”.


Golongan darah anda adalah kunci bagi keseluruhan system kekebalan tubuh, dan hal ini adalah faktor penjelas yang esensial didalam profil kesehatan anda. Anitgen golongan darah anda berfungsi sebagai penjaga gerbang, menciptaka antibodi untuk menangkal penyelundup yang berbahaya. Saat antibodi mengenali antigen dari mikroba penyerbu, terjadilah serangkaian reaksi yang disebut “ Aglutinasi” ( secara harfiah berarti melekat ) atau menggumpal. Antibodi akan menempel pada antigen dari virus/mikroba itu dan melekat begitu erat.
Ketika sel –sel virus, parasit dan bakteri menggumpal, proses penghilangan pun menjadi lebih mudah.
Akan tetapi, ada banyak hal lain yang terlibat dalam proses terjadinya penggumpalan. ilmuan telah mempelajari bahwa ada banyak makanan yang berpotensi menggumpalkan sel-sel pada golongan darah tertentu. Artinya suatu jenis makanan dapat berbahaya bagi sel – sel dari salah satunya golongan darah , tapi bermanfaat bagi sel –sel golongan darah yang lain.
Serangkaian reaksi kimia terjadi antara darah anda dengan makanan yang anda konsumsi. Reaksi ini merupakan bagian dari genetic anda. Hal ini karena adanya sebuah faktor yang disebut “ Lektin”.
Lektin, yaitu protein yang beraneka ragam dan banyak dijumpai didalam makanan, mempunyai faktor penggumpal yang akan mempengaruhi darah anda.


Lektin adalah cara yang ampuh bagi organisme dialam untuk menempelkan diri pada oranisme lain.
Seringkali, lektin yang digunakan oleh virus atau bakteri bersifat specific pada golengan darah tertentu. Dengan demikian, virus atau bakteri itu menjadi hama yang cenderung “ lebih lengket ” pada sesorang bergolongan darah tersebut. Lebih lanjut ketika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung lektin yang tidak sesuai dengan anti gen dari golongan darah anda, lektin tersebut akan mengarah ke organ atau sistem tubuh ( ginjal, hati, otak, perut, dan yang lainnya) dan memulai penggumpalan sel –sel darah diwilayah tersebut.
Sebagai contoh, lektin pada kacang lima bereaksi silang dengan anti gen dari golongan darah A, dengan cara menyerang enzim pencernaan dan mengganggu produksi hormone insulin.
Makanan untuk golongan darah A adalah cara alami untuk mengembalikan fungsi penjagaan dari system kekebalan tubuh anda, membalikkan jam metabolisme anda, dan membersikan darah dari lektin yang berbahaya. Setiap orang akan menyadari beberapa manfaat dari diet ini terantung pada kondisi tubuh dan kelenturannya.

Berikut adalah rangkuman makanan golongan darah tipe A, namun sebelum melihat table makanan bergolongan darah A, ada baiknya anda perlu tahu tentang arti kata berikut :
– Bermanfaat artinya adalah makanan yang bereaksi seperti OBAT
– Netral adalah makanan yang berearksi seperti MAKANAN
– Hindari adalah makanan yang bereaksi seperti RACUN

Semoga artikel tersebut diatas akan menambah wawasan kesehatan khususnya SAYA yaitu sebuah teoritas yang telah melewati uji coba yang falid dari pakar dokter dunia dan mendapatkan penghargaan internasional.
Namun demukian semua kita kembalikan kepada Yang Maha Menciptakan dan senantiasa selalu ingat ketika kita hendak melakukan sesuatu.
Doa merupakan usaha kita dalam rangka penyerahan diri kepada Sang Pencipta untuk senantiasa terlimpah rahmat dan berkah_Nya.
Untuk itu awali selalu dengan membaca doa saat ingin mulai bekerja, makan, belajar dan lainnya. .
Wassalam

Daftar pustaka : Diet tanpa rasa lapar by Dr. Peter J D’ Adamo, BIP

By Nr. Iman S

About these ads